Mar 2, 2017

Real Technique PALSU ( Bedain asli atau palsu kuas real technique)

Diposkan oleh nitahakeem di 10:08:00 PM
Reaksi: 
Hai!
Today i'm going to launch about fake brushes from real technique brand. Kayaknya aku buat Indonesian version aja deh ya karena banyak literatur yang sudah english version dan aku yakin kamu pasti agak males bacanya. 


Tau sendiri kan RT ini produk brush yang lagi kekinian dan makin dicari karena dengan harga kisaran 300rb kita udah dapat brush berkualitas seperti MAC dg isi 3-4 pcs per packaged.

Tapi sayang seperti itulah di Indonesia banyak banget brand tiruan yang mengatasnamakan RT dg harga jual murah. Dan itu juga berimpact dg probabilitas ada yang jual sesuai harga RT namun in fact, barangnya palsu.

Kenapa? karena kalau kita gak pernah pegang RT yang asli, kita ga akan tau RT yang palsu seperti apa. Terutama kalo di kotanya ga ada Matahari, Sogo, Tammia, Centro di kota2 kecil, dkk dan ujung2nya musti beli online.


Akupun begitu. Jadi suatu hari aku kena racun RT ini dan pengen beli. Sebenarnya di Balikpapan ada dijual di Tammia by Matahari dg harga perpackaged 399rb dan itu mahal banget menurut aku. Jadi urunglah aku saat itu. Sampai kemudian menemukan toko di Shopee yang jual murah dg toko yg ratingnya bagus banget. Ada logo "terpilih" setidaknya toko ini aman dan ga tipu2.


Aku cek review dulu bintangnya sblm aku beli mulai dari customer bintang 1 sampai bintang 5. Lalu aku menemukan banyak org2 yang membeli brush disini dg harga per set murah dibawah 200rb lalu complain karena ga sama bentuknya dg yang asli.

Diantara beberapa orang yang kasih rating 1, banyaaak , banyak banget yang kasih rating 5, dan itu membuat aku heran.
Rata2 mereka bilang, "brushnya halus blablabla",
" makasih, bakalan order lagi. "
"ga rugi beli disini brush kualitas oke. "

Pikiran aku pun kebagi dua, penasaran kenapa bisa bintang 5 dan bintang 1 dong.



Aku menemukan jawabannya. Bagi org awam yang mencari brush lembut amatir akan kasih rating 5 karena dg harga murah sudah dpt brush halus di pipi ga merusak wajah. Tapi sempet ga sih kepikiran kalo cuma nyari halus aja dg harga 175rb 4 pcs di RT bisa dpt Bamboo Brush 24 pcs dan sama halusnya.

Sedangkan yang kasih bintang 1 itu biasa org yg pernah punya RT dan hilang atau yang memang tau kualitas RT seperti apa tapi terlanjur beli via shopee.

Jadi aku search banyak contoh2 brush palsu Real Technique. Karena itu bahaya banget yah, ada toko jual setengah harga dg kualitas dibawahnya yang pasti, beralasan itu barang distributor, harga murah, barcode sama. Nyatanya? kualitas kuasnya dan after maintenance berbeda.

Brush palsu khusus Real Technique ada tahapan fakenya kalau mau di cek:
1. Bentuk kuas dan gagang
Dalam beberapa brush, terutama waktu awal2 produk ini muncul versi fake, warna gagangnya ga se "eyecatching" ini tapi agak puyeh dan pegangannya ga berat. Saat ini RT fake brush sudah semakin mendekati asli jadi kalo dari bentuk kuas dan gagang susah dibedakan.
2. Cetak nama brandnya.
Awal muncul RT Fake Brush, letternya beda, ada tulisan Sam&Nic Chapman padahal yang asli ga ada tambahan "Chapman" di belakang. Tapi skrg udah beda, semua mengikuti letternya. Untuk edisi aku saat ini Stippling Brush, yang asli adalah yang letternya lebih besar dikit dan ga putih jreng, tapi putih warm.
3. Kehalusan bulu kuas dan kepadatannya (karena ini mempengaruhi kualitas blending di wajah)
Percaya deh ini bakalan beda terutama ketika ditempel di pipi.
4. After wash kuas. (Kuas ini harus tetep bagus meski dicuci berkali2)
5. Packagingnya (Yang asli packaging bawahnya rapet banget sampai hampir susah dibuka, yang palsu simple banget dan gambar cetak bagian print out belakangnya kontras agak gelap dan ini yg paling mudah identifikasi asli dan palsu)

Dari beberapa referensi di Google, aku menemukan gambar ini. Bisa tebak ga yang fake brush yang mana?


Yang fake brush adalah yang :
BAWAH

Ini dua contoh brush yang aku dapat, yaitu Pointed Foundation Brush no 5 dan Countour Brush no 6. Pointed Foundation jelas yang berbentuk V adalah yang asli, bukan yang bentuk U. Kalau utk Countour Brush, dimana2 Countour  brush ga sebesar PowderBrush atau Multitask brush. Di sini hampir sama dg Blush Brush yang harusnya warna pink.



Aku gabisa bilang murni fake itu terlihat dari Letter karena menurut aku produsen pembuat fake brush ini tiap edisi beda2 letternya mengikuti perubahan RT yang asli yg dijual di Sephora. Dan RT ori pun memang suka berganti2 letter dan packaging.

Sekarang mari kita lihat review pribadi dari Fake Real Technique  punya aku sendiri.

Aku punya Expert Face Brush dan Stipling Brush Fake beli di salah satu toko shopee.


Stippling Brush

Yang pertama aku bakalan review Stippling brush karena aku pengen pakai foundation dg teknik airbrush output.


Seperti yang dilihat sisi kiri adalah sisi fake. Kalau dari segi packaging, cover depan terlihat mirip kan ya? Memang mirip dan 100% sama. Batang kuas pun sama. Soal berat produk pun sama.


Tapi coba dilihat print cover bagian belakang. Ada yang berbeda ga dari segi kualitas printing?

Ngeh kan yah poin di atas cara identifikasinya? coba cek wajah2 Sam and Nic mana yang paling terlihat seperti cetakan mesin murah.


Yang aku bentuk love itu sama2 tulisan Made In China, asli dan palsu tetap sama2 Made In China, in other case ada toko yang klaim punya dia asli karena memang RT punya pabrik di China, pdhl sbnrnya dia jual palsu. Parah banget kan? Cuma gara2 tulisan made in china ini dia klaim miliknya asli. Pdhl palsu. Akibatnya after cuci, bulu bakalan cepet rontok.


Sekarang dibuka Stippling Brushnya dan kita akan menemukan bahwa HAMPIR engga ada perbedaan keduanya.

Gagangnya sama,tebel sama, warna sesuai, ga kelihatan murahan.
Letternya sama, cuma lebih warm tulisan brush di Kanan.


Dan yang asli justru yang:
KANAN! 
*warna kuning itu karena udah coba hasil foundie yah.



Kedua,kita cek kuasnya sendiri. Kalo di zoom dan perhatikan dg baik. Kuas FAKE lebih tebal daripada kuas REAL. Si Fake ini lebih banyak bulunya dan lebih ramping daripada yang asli. Pdhl stippling itu harusnya bulunya ga lebat tapi melebar karena akan di buat gerakan memutar.
FAKE : Kuas memanjang dan berbentuk semacam kerucut, kuas lebih tebal, namun ramping sedikit
ORI : Kuas melebar ke samping, partikel kuas tidak terlalu tebal.



Yang diatas ini adalah toko di Shopee yang aku beli stippling brush. Ori cina. Wkwkwkw.
Tapi gini yah, aku ga bilang yang FAKE itu kasar. Jujur aja engga. Khusus untuk stippling brush memang diperuntukkan utk airbrush sehingga kuasnya tajam2. Ketika di blending keduanya agak bikin sakit di muka. Tapi, yang REAL ada kans lebih GA BIKIN SAKIT. Kalo dari segi ketika ditempel ke wajah, halusnya palsu dan asli itu 4/5 dari skala 5.
Kenapa aku tetep ngerasa sakit keduanya? karena kulit wajahku cukup tipis akibat banyak perawatan dan suka coba2 kosmetik. So aku lebih ngeh dengan kuas kosmetik. Yang pasti Stippling Brush jangan dibandingkan kelembutannya dg Powder Brush, bahkan milik Ecotools or Masami Shouko, pasti lebih halus mereka.

Oia sblmnya aku sempet ribet sama penjual RT palsu yang produknya ga mau dibeli karena aku mau review RT palsu dan real. Kronologi chat with owner fake brushes yang pertama:
Dia bilang ini original, barang defect, dari distributor, barang oke meski ada cacat, langsung klik aja gausa tanya kesediaan.

Jadi gue udah transfer sesuai harga dia lalu konfirm sambil tanya2 kualitasnya, dan aku blg Core Collection dia mau aku bandingkan dg yang aku beli di Tammia (aku bohong di Tammia 399rb cm pengen tau aja reaksinya) lalu dia bilang semua All sold out. Semua pembicaraan ada di akun shopee aku ya atas nama "nitahakeem" so dicari aja semua tercapture disitu mulai dari awal nanya kesediaan dan udah transfer awalnya mau cari barang tapi bilang semua sold out. Pdhl produk bisa di klik. Bukan aku menjatuhkan yah! Tapi emang ini bahaya banget serius.


Dia nulis kalo produk dia dibeli oleh blogger indonesia, dari situ claim barang original. Jadi aku berkesimpulan, dia laris  makanya bisa jadi "terpilih" di shopee karena banyak yang beli padahal kenyataanya blogger aslinya keluar dan menegur cara marketing dia yang ga sesuai. Karena blogger tersebut beli kuas Ori di Instagram langganan kita2 semua.
@Sociolla
@Iamaddicted
@preorderbymimo


Beauty blogger tersebut membeli set RT di sebuah IG makeup tools @iamaddicted
Lalu ini hasil foto pemilik akun shopee tersebut dan bisa dilihat kan Core Collectionnya. Pointed Brush (palsu: bentuk U) dan Countour Brushnya (palsu: kegedean, masa hampir sama ukuran dg Buffing Brush wkwkwk) antara cetakan belakang dan produk fake milik dia sendiri berbeda. Itu hasil foto dia sendiri ga comot dari IG Real Technique.


Jadi kamu hati2 ya kalau memang mau beli brush palsu setidaknya sudah sama2 tau, oke maybe produknya halus, tapi ga akan memblending sempurna seperti yang kamu mau. Utamanya utk hasil2 pro. 


Ini adalah testing Foundation by Makeover, dengan model seperti diatas. Mana yang ori mana yang fake? Ingat ga?
Dari segi blended, jangkauan sapu si Ori lebih lebar dan lebih ringan seolah ga ada sisa liquid foundie di dalam kuasnya. Beda dengan si Fake , jujur aja aku susah meratakan foundationku sehingga hasilnya ga rata sama sekali.

Lalu kalo kamu emang mau beli yang palsu, seperti aku bilang perbedaan kuasnya ga signifikan kalo udah disapukan ke pipi maka yang harus kamu lakukan adalah: 
Mintain foto asli produknya, bandingin sama apa gak dg brush cover belakangnya di packaging. Takutnya kamu berharap itu asli dan gak sesuai gambar, kamu kecewa.

Terakhir hati2, sebelumnya ada review blogger @Lindakayzh yang compare palsu ori di youtube dg produk Fake brushnya lebih jelek dr Fake Brush aku, jadi punya Teh Linda dr kasar mata udah nampak perbedaan asli palsunya. Yang punya aku ini mirip to the max. Jadi aku berkesimpulan, fake brush ini memiliki produksi yang semakin hari makin baik dan mirip.

 Expert Face Brush

Ini adalah versi paling laris dari real techniques, benar kan?
Katanya brush ini yang paling top utk blending full coverage foundation dan jg multitask utk powder brush.

Kenyataanya, lagi otw gue coba dan memang benar, brush ini foundie brush paling oke dari RT. 

Kalo stippling kan utk memberikan efek airbrush means not full coverage  atau dewy look karena pemakaiannya diputar2 supaya merata, tapi kalo expert face brush ini utk pemakaian foundie full coverage dan itu oke banget.

Aku yakin kalo pertama lihat EFB persatuan, pasti ga bisa bedakan yang mana asli dan palsu.

Tapi ketika disandingkan maka akan nampak hampir perbedaanya.


Belum nemu ya selain dari gagangnya? nah pertama aku jelaskan dulu bahwa aku membeli EFB ini dari 2 toko yakni sociolla dan shopee toko diatas itu.




Kalau dari versi cetakan belakang pasti udah tau ya yang mana asli dan palsu?

Yaaa yang kiri adalah yang FAKE utk EFB yang aku beli satuan, bukan package ultimate base from sociolla seperti yg kanan.


Uda zoom in brushnya kita mulai bisa tau kan ya perbedaan Fake dan Ori Realtechnique Expert Face Brush?

a. Bentuk Kuasnya
Fake : bentuknya hampir spt powder brush yakni ke depan memanjang.
Ori : bentuknya pendek tapi melebar.





Sekilas memang hampir mirip kalo kita ga pernah tau barang aslinya karena perbedaannya tidak terlalu signifikan. Mau cek ke toko mbak2 tammia juga malu kalo ga beli. Dan seperti yang aku katakan kalo membicarakan letter cap slogan dari RT itu ga bisa jadi patokan karena mereka sendiri selalu ganti berkala.

b. Pegangan gagang.
Kalo barang RT asli itu bentuknya mulus, ga ada defect seperti dibawah ini.
Fake : dipegang standar ala bamboo ga tipis ga tebal, terlalu ringan utk makeup high end.
Ori : Pegangannya mantep kayak full dan ga ada kopong di dalam, kokoh meski ga berat.


3. Bulu kuas
Bulu kuas kalo mulai diamati detail akan terlihat perbedaanya itu sangat signifikan. Fake : Lembut. Ketika diusap gampang ikut miring bulunya dan mengikuti arah sapuan. Bentuk bulu pun kalo dari atas agak pipih seperti powder brush.
Ori : Lebih lembut setingkat ketika diusap seolah ga ada bunyi "srek srek" karena bahan sintetisnya berbeda. Ketika apply foundie , bulu tidak bergeser elastis tapi masi stuck on pada bentuknya sehingga menghasilkan full finish. Bentuk bulu oval dan lebar jika dari atas.







Sudah jelas kan perbedaanya? sekarang kita lanjut ke permainan foundienya.

Hampir sama ketika aku pake stippling brush diatas, ternyata yang FAKE lebih susah blending meski sama2 halus seperti ORI. 
Fake : lebih menyerap isi liquid sehingga hasil akhir ke wajah sheer
Ori : lebih full coverage dan seolah kuas tdk menyerap liquid (sebenarnya menyerap tapi ia bisa membawa produk liquid lebih banyak utk diserap kulit)

Kesimpulan:
Stippling brush : Keduanya sama2 tajam menusuk. Tapi kuas lebih menghantarkan foundie ke kulit lewat kuas ORI
Expert Face Brush : Keduanya sama2 lembut tidak menyakiti wajah, namun kuas lebih menghantarkan foundie ke kulit lewat kuas ORI.
Yang dimaksud menghantarkan lebih baik itu kayak gni, itu contoh aku pake tone foundie ochre no 01 yang paling putih, dan seperti kamu lihat ketika swatch dan blend di tangan , bagian kanan warna foundie lebih kentara dg kuas asli. Beda dg sisi kiri yang liquid foundie jadi agak beige karena menyetap ke kulit asli.

Meski pada akhirnya akan ada proses oksidasi!

Lalu, kedua FAKE brush ini jujur aja ga jelek2 amat. Dg harga kisaran 50-60 rb kamu mendapatkan brush lembut. Harganya sama bahkan dg drugstore brush original kayak Wet and Wild , Bhcosmetics, Elf. 

Jadi sebenernya pilihan kamu sih mau menggunakan uang 50rb utk beli realtechnique Kw, atau kuas drugstore asli.

Kalau aku jujur blm coba kuas drugstore asli, sejauh ini kalo beli sekalian 50rb dpt 5 set di stoberi dan kasar banget. Masih mending RT versi Fake persatuan itu mah.

Jd aku pernah coba punya temen pake bamboo brush isi 10 harga 80rb itu kualitas lembutnya sama dg Fake RT ini. Jadi menurut aku sbnrnya sayang kalo menggunakan uang utk beli Fake RT, karena ini bukan tas, kamu ga perlu beli Kw untuk dipamerkan ke temen2 kalo km bedakan sama kuas mahal. 
Kalau beli kuas high end yang dicari adalah fungsinya apakah sesuai dg judulnya bs sheer, medium, full coverage, karena dg alat ini kita terbantu menghemat waktu ga perlu blending2 banyak step utk mixing foundie dan bla3 karena bahan kuas menyesuaikan fungsi ke coverage wajah.

Last but not least, kw version ini pd akhirnya masih aku pake utk bedakan biasa dan pemakaian sehari2 karena toh masih berguna dan aman aja ga nusuk di kulit (kecuali si stippling), Khusus stippling aku ga tau yah pernah sblmnya coba merk lain kalau ga salah elf (drugstore) tapi lebih lembut kuasnya drpd RT. Entahlah?
Maybe dari segi fungsi ttp memberikan hasil yang berbeda antara stippling brush drugstore and high end di luar apakah kuas itu agak menusuk ke kulit.

Oke, one day akan aku lanjutkan dg kualitas kuas ini setelah di cuci ya.

xoxo, nitahakeem

8 komentar:

Mega Agustina said...

Mau tanya jadi kalo yg ori kalo d online dimana ya?

Mega Agustina said...

Jdi kalo mau yg ori beli di online dimana ya?

Hanifah Trya said...

Ya ampuuunnn. Aku juga pernah beli sama penjual itu. Aku beli yg brush bh cosmetic 1 set. Dia claim sih ori. Pas aku terima, Aku cek lagi, antara kuas foundie sama concealer bentuknya gak ada bedanya (walaupun defect harusnya gak beda2 bgt) jadinya aku ragu. Trus aku minta refund karna brush yg aku coba rontok gitu, dan dia bilang mungkin itu kesalahan aku karna buka barangnya gak pelan2-_- jadi males berdebat, yaudah aku biarin aja.

Ayu Kurniawati said...

Haii Mbak Nita, salam kenal..
terimakasih mbak, kamu telah menyelamatkan ku dari Fake RT.
aku sempet hampir kepincut lohh mau beli di OS itu.
tapi kembali lagi masa iya RT harganya segitu..
dan gak jadi beli disana..

btw,sisi positifnya OS diatas masih termasuk baik mbak, ada sih yang jual RT Fake dengan harga RT Asli, kalo yang tipe begini kan nyebelinnya malah kebangetann

Pandu Nita said...

Makasih kak berguna banget. Aku barusan beli RT murah banget, aku pikir murah karena emang preloved. Kesalahanku nggak browsing dulu sebelum beli, malah browsingnya setelah barang nyampe.

Putri Handayani said...

heheheh maaf mba numpang koment, beberapa bulan yang lalu mgkn juga aku sangat semangat banget beli RT pada toko hildahar... karena harganya bisa setengah lebih murah dengan riview yang sangat menggiurkan, tapi entah kenapa hati kecil bilang masa sih RT harganya segitu, akhirnya cuma masuk keranjang belanja aja dan belum berani checkout. sampai beberapa minggu yang lalu saya semangat lagi mau beli tapi karena masih ga yakin saya baca-baca kembali rating buruk di toko itu, ada salah satu rating yang memberi satu bintang di produk sam's picks nya kalau ga salah kalau itu fake, akhirnya aku undurin diri beli disana karena takut memang fake dan belilah aku di socioll*. Singkat cerita hari ini masih penasaran sama toko itu sekalian mau bandingin benar atau engga yang riview dengan bintang satu nya, eh ternyata riviewnya sudah tidak ada dan sepertinya produknya di hapus mungkin. Dan terus aku searching2 aku dapet blog mba nitahakeem ini jadilah fix kayanya dia jual palsu, syukur aku ga jadi beli disana =)

Kezia Jesslyn said...

Makasih banyakk. tdinya sempet ragu tp pas buka blog ini jd lebih yakin, ada harga ada barang gamungkin lbh murah dr yg official webnya.

Lina Palugongso said...

Waduh aku telat bacanya. Telat ga telat sih. Aku sih ga tau ini hildaharjadi itu orang yang sama atau engga dari hildaharjadi di prelo. Kemaren aku sempet beli eyeshadow pallete nya etude house dengan harga 135. Normal harga 235. Di infonya sih itu barang reject. Tapi sayang barangnya belom dateng jadi ga tau deh kayak apa. Nah tadi nih barusan mau beli lagi sama dia. Pengen beli real technique soalnya harganya miring banget dan barangnya hampir ga ada bedanya dengan yang aku liat di siciolla. Aku sih udah pake bamboo set yang 90rb itu tapi pengen tau rasanya real technique. Nah karena tau banyak yang palsu aku brosing dulu dong, eh nemu ini. Ehhh kok nama yang jualan sama, barangnya hampir sama walau aplikasinya beda. Aku jadi pikir2. Kali misal itu kuas kualitasnya sama dengan bamboo set nya aku percuma dong aku beli buat apa. Hmmmm barangkali ada yang pernah beli kuas sama dia di prelo info dong ori apa engga dia jualnya

Post a Comment

 

**Gregarious Angel** Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea